Pengobatan Kanker Payudara Stadium Awal

Review Pengobatan Kanker Payudara Stadium Awal

Kanker payudara stadium 1 adalah tahap paling awal dari kanker payudara "invasif". Mendengar kata invasif itu mungkin menakutkan tetapi, istilah invasif yang berkaitan dengan stadium tidak berarti bahwa kanker menyerang wilayah lain di tubuh. Kanker payudara stadium 1 berarti kankernya kecil dan hanya ada di jaringan payudara atau mungkin ditemukan di kelenjar getah bening yang dekat dengan payudara. Hubungi kami di 021-22608999 untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kanker payudara di klinik kami, dan dapatkan informasi penting seputar cara pencegahan, obat-obatan kanker, vaksin kanker, cara mengobati kanker dsb.

Kanker payudara stadium 1 memiliki 2 kelompok, yaitu ;

Tahap 1A 

Kondisi ini bertanda bahwa tumor hanya mempunyai ukuran 2 sentimeter (cm) atau lebih kecil dan belum menyebar ke luar payudara kamu.
Pengobatan Kanker Payudara Stadium Awal
Kanker Payudara Tahap 1A

Tahap 1B

Kondisi ini bertanda bahwa area kecil sel kanker payudara ditemukan di kelenjar getah bening di dekat payudara, dan tidak ada tumor yang ditemukan di payudara atau tumor payudara hanya 2 cm atau mungkin lebih kecil.

Pengobatan Kanker Payudara Stadium Awal
Kanker Payudara Tahap 1B

Tahapan TNM

Sistem pementasan TNM adalah singkatan dari Tumor, Node, Metastasis yang berarti ;

  • T menggambarkan ukuran tumor
  • N menjelaskan apakah ada sel kanker di kelenjar getah bening
  • M menjelaskan apakah kanker telah menyebar ke bagian tubuh yang berbeda

Dalam sistem stadium TNM stadium 1A kanker payudara sama dengan ;

  • T1 N0 M0

Tahap 1B sama dengan ;

  • T0 N1mi M0
  • T1 N1mi M0

Sistem pementasan TNM pada kanker payudara adalah cara paling umum yang biasa dilakukan dokter untuk kanker payudara. Pemindaian dan tes pemeriksaan yang kamu lakukan akan memberikan beberapa informasi tentang stadium kanker payudara yang kamu alami. Tetapi dokter mungkin tidak dapat memberi tahu kamu tahap yang tepat sampai kamu menjalani operasi.

Sistem TNM

Berikut ini merupakan deskripsi yang sedikit disederhanakan dari sistem pementasan TNM untuk kanker payudara seperti ;

Tumor (T)

Tumor menggambarkan ukuran tumor itu sendiri (area kanker). Berikut ini adalah deskripsi yang disederhanakan dari tahap T. 
  • T1 berarti bahwa tumor berukuran 2 sentimeter (cm) atau mungkin kurang, dan T1 ini dibagi lagi menjadi 4 kelompok, yaitu ;
    • T1mi berarti tumor berukuran 0,1cm atau kurang
    • T1a berarti tumor lebih dari 0,1 cm tetapi tidak lebih dari 0,5 cm
    • T1b berarti tumor lebih dari 0,5 cm tetapi tidak lebih dari 1 cm
    • T1c berarti tumor lebih dari 1 cm tetapi tidak lebih dari 2 cm
  • T2  berarti bahwa tumor lebih dari 2 sentimeter tetapi tidak lebih dari 5 sentimeter.
  • T3 berarti tumor lebih besar dari 5 sentimeter.
  • T4 dibagi menjadi 4 kelompok, yaitu ;
    • T4a berarti tumor telah menyebar ke dinding dada (struktur yang mengelilingi dan melindungi paru-paru)
    • T4b berarti tumor telah menyebar ke kulit dan payudara mungkin bengkak
    • T4c berarti tumor telah menyebar ke kulit dan dinding dada
    • T4d berarti karsinoma inflamasi - ini adalah kanker di mana kulit di atasnya merah, bengkak, dan nyeri

Node (N)

  • Node (N) ini menggambarkan apakah kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening atau tidak. 
  • NX berarti bahwa kelenjar getah bening tidak dapat dinilai (misalnya, jika sebelumnya sudah dihilangkan).
  • N0 berarti tidak ada sel kanker di simpul terdekat.
  • Sel tumor yang terisolasi (ITC) adalah kelompok kecil sel kanker yang lebarnya kurang dari 0,2 mm, atau sel tumor tunggal, atau sekelompok kurang dari 200 sel dalam satu area kelenjar getah bening. Kelenjar getah bening yang hanya mengandung sel tumor yang terisolasi tidak dihitung sebagai kelenjar getah bening positif.

N1

  • N1 berarti sel-sel kanker berada di kelenjar getah bening di ketiak tetapi tidak menempel di jaringan sekitarnya.
  • pN1mi berarti satu atau lebih kelenjar getah bening mengandung area sel kanker yang disebut mikrometastasis yang lebih besar dari 0,2mm. Atau node mengandung lebih dari 200 sel kanker tetapi kurang dari 2mm.
  • pN1a berarti sel-sel kanker telah menyebar (bermetastasis) menjadi 1 hingga 3 kelenjar getah bening dan setidaknya satu lebih besar dari 2mm.
  • pN1b berarti ada sel-sel kanker di kelenjar getah bening di belakang tulang dada (kelenjar susu internal) yang ditemukan dengan biopsi simpul sentinel tetapi daerah itu terlalu kecil untuk dirasakan.
  • pN1c berarti ada sel kanker di 1 sampai 3 kelenjar getah bening di ketiak dan di kelenjar getah bening di belakang tulang dada, tetapi mereka terlalu kecil untuk dirasakan.

N2

Kondisi ini dibagi menjadi 2 kelompok ;
  • N2a berarti ada sel kanker di kelenjar getah bening di ketiak, yang saling menempel dan dengan struktur lain.
  • N2b berarti ada sel-sel kanker di kelenjar getah bening di belakang tulang payudara (kelenjar susu internal), yang telah terlihat pada pemindaian atau dirasakan oleh dokter. Tidak ada bukti kanker pada kelenjar getah bening di ketiak.

N3

Kondisi ini dibagi menjadi 3 kelompok ;

  • N3a berarti ada sel kanker di kelenjar getah bening di bawah tulang selangka.
  • N3b berarti ada sel kanker di kelenjar getah bening di ketiak dan di belakang tulang dada.
  • N3c berarti ada sel kanker di kelenjar getah bening di atas tulang selangka.

Pengobatan Kanker Payudara Stadium Awal

Mentastasis (M)

Metastasis (M) menjelaskan apakah kanker telah menyebar ke bagian tubuh yang berbeda.

M0 berarti bahwa tidak ada tanda bahwa kanker telah menyebar.

cMo (i +) berarti tidak ada tanda-tanda kanker pada pemeriksaan fisik, pemindaian atau rontgen. Tetapi sel-sel kanker hadir dalam darah, sumsum tulang, atau kelenjar getah bening yang jauh dari kanker payudara - sel-sel tersebut ditemukan dengan tes laboratorium

M1 berarti kanker telah menyebar ke bagian lain dari tubuh.
Pengobatan Kanker Payudara Stadium Awal

Pengobatan Kanker Payudara

Tahapan kanker membantu dokter untuk memutuskan perawatan mana yang kamu butuhkan. Perawatan ini juga tergantung pada ;

  • Jenis kanker (jenis sel kanker dimulai)
  • Dimana kankernya 
  • Kondisi kesehatan lain yang kamu miliki

Tahap kanker dan faktor lain ini juga dapat memberikan gambaran tentang pandangan kamu (prognosis). Faktor lain yang dapat memengaruhi pengobatan, seperti ;

  • Tingkatan sel kanker kamu
  • Apakah kamu sudah mengalami menopause
  • Apakah sel kanker kamu memiliki reseptor untuk obat kanker tertentu

Dokter akan mempertimbangkan banyak faktor berbeda ketika memutuskan perawatan mana yang terbaik untuk.

Cara Pengobatan Kanker Payudara Stadium 1

Kabar gembira bagi penderita kanker stadium 1 yang telah putus asa dengan berbagai metode pengobatan kanker lain yang sudah anda jalani selama ini tetapi, masih belum ada perubahan menuju kesembuhan. Silahkan berkunjung dan rasakan hasil metode pengobatan bersama kami, dan kami memberikan Diskon pengobatan hingga 30% bagi siapa yang baru menjalani pengobatan pada kami. Pesan dari kami jangan menunda pengobatan kanker sesegera mungkin karena, hal tersebut dapat berbahaya bagi diri anda kedepannya. Jika anda merasakan adanya perubahan pada tubuh anda yang tidak biasa atau mungkin tanpa adanya sebab yang terjadi. Segera hubungi kami di 021-22608999 untuk berkonsultasi sebelum anda melakukan pengobatan di tempat kami.

Pengobatan kanker dengan sistem alat terapi Hipertermia & Imunoterapi yang telah kami sediakan maka, anda tidak perlu lagi menjalankan Operasi, Radioterapi dan Kemoterapi, serta bebas dari efek samping seperti anemia, kelelahan, muntah dan rambut rontok. Dengan melakukan pengobatan dengan Hipertermia mampu menghilangkan rasa nyeri dengan cepat, tumor akan menyusut dan mengecil dalam waktu 3-7 hari. Tetapi, hal ini bisa kita lihat dengan diagnosa terlebih dahulu untuk mengenal kanker yang dialami seperti baru masuk di stadium awalkah atau sudah masuk pada stadium lanjut karena, perawatannya pastinya berbeda.

Cara mengobati kanker payudara stadium awal hanya Imunoterapi yang merupakan perawatan kanker yang memanfaatkan sistem kekebalan tubuh (imun) manusia untuk melawan kanker. Hal ini dapat diterapkan dengan 2 cara, seperti ;

  • Merangsang sistem kekebalan kamu sendiri untuk menghentikan pertumbuhan kanker, serta perkembang biakan sel kanker dalam tubuh kamu. 
  • Memberikan zat khusus buatan manusia yang mempunyai fungsi dan sifat seperti imun. Sistem kekebalan tubuh kamu terdiri dari berbagai organ tubuh, sel, dan zat kimia yang dapat membantu menyerang virus, bakteri, dan kuman yang menyebabkan infeksi dan penyakit karena, sistem kekebalan tubuh pada manusia sudah hafal zat-zat apa saja yang memang sudah seharusnya berada dalam tubuh kamu. Jika adanya perbedaaan atau zat asing yang tidak dikenali maka, sistem imun otomatis langsung bekerja untuk mencegah timbulnya reaksi yang tidak diinginkan oleh tubuh kamu.

Tetapi, adanya permasalahan sistem imun yang kesulitan untuk langsung mematikan kanker. Hal ini karena kanker lahir ketika ada sel tubuh yang mengalami mutasi gen dan akhirnya tumbuh atau menyebar secara abnormal. Mutasi atau perubahan sel ini merupakan proses yang biasa terjadi dalam tubuh sehingga, terkadang sistem imun tidak menyadari bahwa hal tersebut dapat bersifat mengancam. Sistem imun dapat membedakan sel mana yang normal dan sel mana yang sudah mengandung unsur-unsur kanker. Namun sistem imun baru mengenali kondisi tersebut ketika kanker sudah tumbuh ganas atau sudah masuk pada stadium lanjut jadi, sistem imun kewalahan untuk menghancurkannya.

Manfaat Pengobatan Kanker Payudara Dengan Imunoterapi

Membandingkan dengan kemoterapi dan terapi hormon, kedua pengobatan ini harus dilakukan secara terus menerus, dan jika pengobatan ini dihentikan, efek antikanker akan berhenti dan kanker akan kembali tumbuh didalam tubuh kamu. Sangat berbeda jauh dengan Imunoterapi yang sekali diaktifkan maka, efek yang dirasakan akan terus menerus karena pengaruhnya akan terus berlanjut.

Imunoterapi sangat efektif untuk mengobati penderita kanker, seperti ;

  • Kehilangan kesempatan operasi atau sering mengalami kekambuhan
  • Pasien stadium lanjut dengan metastasis
  • Meringankan gejala klinis
  • Bisa mengontrol kekebalan tubuh 
  • Memperbaiki sel-sel tubuh
  • Memperpanjang hidup pasien, dan kemungkinan untuk mendapatkan kesembuhan.

Klinik Utama Cahaya Mentari merupakan Klinik Spesialis Pengobatan Kanker / Tumor (Onkologi) yang sudah terdaftar di DINKES dan disetujui oleh Departemen Kesehatan Indonesia untuk mengobati tumor dan kanker dengan mengedepankan kemampuan teknis yang mapan. Kami mempunyai Dokter Spesialis Kanker Terbaik Di Indonesia serta Tim Medis yang teruji ketat, bersertifikat, dan Berpengalaman dalam hal pengobatan kanker karena, pada hal kanker ini merupakan penyakit yang sangat serius jadi prosedur, profesional, dan teknologi kami siapkan dengan sangat sempurna demi mengedepankan keamanan serta kenyamanan dalam menjalani pengobatan dengan kami. Semoga dengan adanya klinik kanker kami insyaallah, bisa menjadi perantara bagi kesembuhan anda.

Komentar