Pengobatan Kanker Payudara Secara Medis

Review Pengobatan Kanker Payudara Secara Medis

Kanker payudara yang terdiagnosa saat kamu melakukan uji pemeriksaan mungkin baru masuk pada tahap awal tetapi, biasanya kanker payudara yang terdiagnosa pada wanita umumnya ketika sudah memiliki gejala lalu sudah masuk pada stadium lanjut yang pastinya memerlukan pengobatan atau perawatan yang berbeda. Dokter biasanya akan mengajak kamu untuk berdiskusi dengan kamu mengenai perawatan mana yang paling cocok untuk kamu jalani saat ini. Ketika memutuskan perawatan apa yang terbaik untuk kamu maka, dokter akan mempertimbangkan seperti ;
  • Tingkatan kanker seperti, seberapa besar dan seberapa jauh penyebarannya
  • Kesehatan keseluruhan
  • Apakah kamu sudah menopause
Hubungi kami di 021-22608999 untuk melakukan konsultasi seputar kanker dengan dokter spesialis kanker payudara di klinik kami, dan dapatkan informasi penting seperti cara pencegahan, obat kanker, vaksin kanker, cara mengobati kanker, biaya pengobatan kanker payudara dsb.

Pengobatan Kanker Payudara Secara Medis
Pengobatan Kanker Payudara Secara Medis

Pengobatan Kanker Payudara Secara Umum

Pembedahan biasanya merupakan jenis perawatan pertama untuk kanker payudara. Jenis operasi yang Anda jalani tergantung pada jenis kanker payudara yang kamu miliki. Pembedahan biasanya diikuti oleh kemoterapi atau radioterapi atau, dalam beberapa kasus, perawatan hormon atau biologis.

"Perlu kamu ingat bahwa perawatan yang kamu dapatkan itu tergantung pada jenis kanker payudara yang kamu alami".

Dokter Anda akan mendiskusikan rencana perawatan yang paling cocok dengan Anda. Sebagai kata memastikan, dan supaya kamu yakin dengan pengobatan yang kamu jalani maka, perlu ada pertanyaan yang bisa memberikan kamu percaya diri (yakin) atau penyemangat, seperti ;

  1. Apakah kanker payudara bisa sembuh total ?
  2. Apakah setelah operasi kanker payudara bisa tumbuh lagi ?
  3. Apakah setelah operasi kanker payudara apa perlu kemoterapi ?
  4. Makanan pasca operasi kanker payudara ?

Kemoterapi atau terapi hormon terkadang menjadi pengobatan yang sangat umum dilakukan. Adapun pilihan pengobatan yang umum dilakukan pada kanker payudara, seperti ;

Operasi Kanker Payudara

Operasi kanker payudara terbagi menjadi 2 kategori, yaitu ;

  • Konservasi payudara yaitu, benjolan kanker (tumor) yang diangkat 
  • Mastektomi yaitu, operasi untuk mengangkat seluruh payudara kamu

Operasi konservasi 

dapat dilakukan dimana hanya tumor dan sedikit jaringan payudara kamu yang diangkat. Jika kamu menjalani operasi konservasi payudara maka, jumlah jaringan payudara yang diangkat tergantung pada ;

  • Jenis kanker yang kamu miliki 
  • Ukuran tumor / kanker dan di mana letak keberadaan kanker di payudara kamu
  • Jumlah jaringan di sekitarnya yang perlu diangkat
  • Ukuran payudara kamu
Dokter bedah Anda akan selalu menghapus area jaringan payudara yang sehat di sekitar kanker, yang akan diuji untuk jejak kanker. Jika tidak ada kanker yang ada di jaringan sehat, kemungkinan kanker akan kembali mengecil. Tetapi jika sel-sel kanker ditemukan di jaringan sekitarnya atau mungkin lebih banyak jaringan yang terkena kemungkinan, perlu dikeluarkan dari payudara kamu. Setelah menjalani operasi konservasi payudara, biasanya kamu akan ditawari radioterapi untuk menghancurkan sel kanker yang tersisa di payudara kamu.

Operasi mastektomi 

adalah pengangkatan semua jaringan payudara, termasuk puting. Jika tidak ada tanda-tanda yang jelas bahwa kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening, kamu mungkin harus melakukan mastektomi yang nantinya payudara kamu diangkat, bersamaan dengan biopsi kelenjar getah bening sentinel. Namun jika kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening, kamu mungkin akan membutuhkan pengangkatan (pembersihan) kelenjar getah bening yang lebih luas dari ketiak di bawah lengan kamu.

Rekontruksi payudara 

adalah operasi untuk membuat bentuk payudara baru yang terlihat seperti aslinya. Rekonstruksi dapat dilakukan bersamaan dengan mastektomi, atau dapat dilakukan kemudian. Ini bisa dilakukan dengan memasukkan implan payudara atau dengan menggunakan jaringan dari bagian lain tubuh kamu untuk membuat payudara yang baru.

Operasi kelenjar getah bening 

untuk mengetahui apakah kanker telah menyebar, prosedur yang disebut biopsi kelenjar getah bening sentinel dapatlah dilakukan. Kelenjar getah bening sentinel adalah kelenjar getah bening pertama yang dijangkau sel kanker jika melakukan penyebaran. Ini merupakan bagian dari kelenjar getah bening di bawah lengan atau ketiak. Kelenjar getah bening sentinel diperiksa di laboratorium untuk melihat apakah ada sel kanker. Ini memberikan indikator yang baik apakah kanker telah menyebar. Jika ada sel kanker di kelenjar sentinel, kamu mungkin perlu operasi lebih lanjut untuk mengangkat lebih banyak kelenjar getah bening dari bawah lengan atau ketiak kamu.

Radioterapi Kanker Payudara

Radioterapi menggunakan dosis radiasi yang terkontrol untuk membunuh sel kanker. Biasanya diberikan setelah operasi dan kemoterapi untuk membunuh sel kanker yang masih tersisa. Jika kamu memerlukan radioterapi maka, biasanya perawatan akan dimulai sekitar satu bulan setelah operasi atau kemoterapi dilakukan untuk memberikan kesempatan tubuh untuk pulih. Biasanya kamu akan menjalani sesi radioterapi 3 hingga 5 hari seminggu, selama 3 hingga 6 minggu. Setiap sesi hanya akan berlangsung beberapa menit. Jenis radioterapi yang kamu jalani tergantung pada kanker dan jenis operasi yang telah kamu jalani. Adapun jenis Radioterapi yang umum tersedia, seperti ;
  • Radioterapi payudara  dapat dilakukan setelah operasi konservasi payudara, radiasi diterapkan ke seluruh jaringan payudara yang tersisa
  • Radioterapi dinding dada dilakukan setelah mastektomi, radioterapi diterapkan pada dinding dada
  • Radioterapi dosis tinggi pada beberapa wanita mungkin diberikan dorongan radioterapi dosis tinggi di daerah tempat kanker itu diangkat. Namun, dorongan tersebut dapat memengaruhi penampilan payudara kamu, terutama jika kamu memiliki payudara yang besar, dan ini dapat memiliki efek samping lain, termasuk pengerasan jaringan payudara (fibrosis).
  • Radioterapi kelenjar getah bening yaitu, di mana radioterapi ditujukan pada ketiak kamu, dan daerah sekitarnya untuk membunuh kanker yang mungkin ada di kelenjar getah bening.

Efek Samping Radioterapi Kanker Payudara

  1. Iritasi dan penggelapan kulit pada payudara kamu yang dapat menyebabkan kemerahan dan rasa sakit
  2. Kelelahan tubuh ekstrim
  3. Kelebihan cairan yang menumpuk di lengan kamu yang disebabkan oleh penyumbatan kelenjar getah bening di bawah lengan (lymphoedema)

Kemoterapi Kanker Payudara

Kemoterapi bisa melibatkan penggunaan obat anti kanker (sitotoksik) untuk membunuh sel kanker. Hal ini biasanya digunakan setelah operasi untuk menghancurkan sel-sel kanker yang belum diangkat yang biasa disebut kemoterapi ajuvan. Ada sebagian kasus yang dengan ini kamu mungkin menjalani kemoterapi sebelum operasi, yang sering digunakan untuk mengecilkan tumor besar yang biasa disebut kemoterapi neo-ajuvan. Beberapa obat yang berbeda digunakan untuk kemoterapi, dan 3 sering diberikan sekaligus. Pilihan pengobatan dan kombinasinya akan tergantung pada jenis kanker payudara yang kamu miliki dan seberapa besar penyebarannya.

Kemoterapi biasanya diberikan sebagai perawatan rawat jalan, yang berarti kamu tidak harus tinggal dirumah sakit semalam. Obat-obatan biasanya diberikan melalui tetesan langsung ke darah melalui vena. Dalam beberapa kasus kamu mungkin diberikan tablet yang bisa kamu bawa ke rumah. Kamu juga mungkin akan menjalani sesi kemoterapi setiap 2 hingga 3 minggu, selama 4 hingga 8 bulan, untuk memberi tubuh untuk istirahat di sela-sela perawatan.

Efek Samping Kemoterapi Kanker Payudara

Efek samping utama dari kemoterapi disebabkan oleh pengaruhnya terhadap sel normal dan sehat, seperti sel imun, dan kondisi yang bisa kamu rasakan, seperti ;

  1. Infeksi
  2. Kehilangan selera makan
  3. Mual dan muntah
  4. Kelelahan
  5. Rambut rontok 
  6. Sakit pada mulut
Banyak efek samping dapat dicegah atau dikendalikan dengan obat-obatan yang dapat diresepkan dokter Anda. Obat kemoterapi juga dapat menghentikan produksi estrogen dalam tubuh kamu, yang diketahui dapat mendorong pertumbuhan beberapa kanker payudara. Jika kamu belum mengalami menopause maka, menstruasi mungkin akan berhenti saat kamu menjalani perawatan kemoterapi. Setelah selesai menjalani kemoterapi, ovarium kiamu harus mulai memproduksi estrogen lagi. Tetapi ini tidak selalu terjadi dan kamu mungkin memasuki masa menopause dini. Ini lebih mungkin terjadi pada wanita di atas 40, karena mereka lebih dekat ke usia menopause.

Pesan dari kami : Jangan pernah menunda pengobatan yang berhubungan dengan kanker payudara, dan jangan pernah mencoba meminum obat-obatan yang sekiranya tidak dianjurkan oleh dokter karena, hal tersebut dapat menimbulkan dampak yang buruk di kemudian hari ditambah lagi dengan adanya komplikasi kanker payudara. Perawatan kanker payudara, dan obat-obatan yang diberikan pada pasien kanker payudara telah disesuaikan dengan uji klinis (diagnosa) terlebih dahulu karena, pasien yang memiliki stadium yang berbeda pada kanker pastinya mendapatkan pengobatan serta perawatan yang berbeda pula.

Pengobatan Kanker Payudara Dengan Imunoterapi

Kabar gembira bagi penderita kanker payudara stadium 4 (akhir) yang telah putus asa dengan berbagai metode pengobatan kanker lain yang sudah anda jalani selama ini tetapi, masih belum ada perubahan menuju kesembuhan. Silahkan berkunjung dan rasakan hasil metode pengobatan bersama kami, dan kami memberikan Diskon pengobatan hingga 30% bagi siapa yang baru menjalani pengobatan pada kami. Pesan dari kami jangan menunda pengobatan kanker payudara sesegera mungkin karena, hal tersebut dapat berbahaya bagi diri anda kedepannya. Jika anda merasakan adanya perubahan pada tubuh anda yang tidak biasa atau mungkin tanpa adanya sebab yang terjadi. Segera hubungi kami di 021-22608999 untuk berkonsultasi sebelum anda melakukan pengobatan di tempat kami.

Pengobatan kanker payudara cepat dan efektif hanya dengan sistem alat terapi Hipertermia & Imunoterapi yang telah kami sediakan maka, dengan anda menjalani ini anda tidak perlu lagi menjalankan Operasi, Radioterapi dan Kemoterapi serta bebas dari efek samping seperti anemia, kelelahan, muntah dan rambut rontok. Dengan melakukan pengobatan dengan Hipertermia mampu menghilangkan rasa nyeri dengan cepat, tumor akan menyusut dan mengecil dalam waktu 3-7 hari. Tetapi, hal ini bisa kita lihat dengan diagnosa terlebih dahulu untuk mengenal kanker yang dialami seperti baru masuk di stadium awalkah atau sudah masuk pada stadium lanjut karena, perawatannya pastinya berbeda.

Cara mengobati kanker payudara yang paling manjur saat ini adalah dengan Imunoterapi yang merupakan perawatan kanker yang memanfaatkan sistem kekebalan tubuh (imun) manusia untuk melawan kanker payudara. Hal ini bisa kami terapkan dengan 2 cara, seperti ;
  1. Merangsang sistem kekebalan tubuh kamu sendiri untuk menghentikan pertumbuhan kanker, serta perkembang biakan sel kanker dalam tubuh kamu. 
  2. Memberikan zat khusus buatan yang mempunyai fungsi dan sifat seperti imun. Sistem kekebalan tubuh kamu terdiri dari berbagai organ tubuh, sel, dan zat kimia yang dapat membantu menyerang virus, bakteri, dan kuman yang menyebabkan infeksi dan penyakit karena, sistem kekebalan tubuh pada manusia sudah hafal zat-zat apa saja yang memang sudah seharusnya berada dalam tubuh kamu. Jika adanya perbedaaan atau zat asing yang tidak dikenali maka, sistem imun otomatis langsung bekerja untuk mencegah timbulnya reaksi yang tidak diinginkan oleh tubuh kamu.

Tetapi, adanya permasalahan sistem imun yang kesulitan untuk langsung mematikan kanker. Hal ini karena kanker lahir ketika ada sel tubuh yang mengalami mutasi gen dan akhirnya tumbuh atau menyebar secara abnormal. Mutasi atau perubahan sel ini merupakan proses yang biasa terjadi dalam tubuh sehingga, terkadang sistem imun tidak menyadari bahwa hal tersebut dapat bersifat mengancam. Sistem imun dapat membedakan sel mana yang normal dan sel mana yang sudah mengandung unsur-unsur kanker. Namun sistem imun baru mengenali kondisi tersebut ketika kanker sudah tumbuh ganas atau sudah masuk pada stadium lanjut jadi, sistem imun kewalahan untuk menghancurkannya.

Pengobatan Kanker Payudara Secara Medis
Pengobatan Kanker Payudara Dengan Imunoterapi

Manfaat Pengobatan Kanker Payudara Dengan Imunoterapi

Membandingkan dengan kemoterapi dan terapi hormon, kedua pengobatan ini harus dilakukan secara terus menerus, dan jika pengobatan ini dihentikan, efek antikanker akan berhenti dan kanker akan kembali tumbuh didalam tubuh kamu. Sangat berbeda jauh dengan Imunoterapi yang sekali diaktifkan maka, efek yang dirasakan akan terus menerus karena pengaruhnya akan terus berlanjut.

Imunoterapi sangat efektif untuk mengobati penderita kanker, seperti ;
  • Kehilangan kesempatan operasi 
  • Sering mengalami kekambuhan
  • Pasien stadium lanjut dengan metastasis
  • Meringankan gejala klinis
  • Bisa mengontrol kekebalan tubuh
  • Memperbaiki sel-sel tubuh
  • Memperpanjang hidup pasien, dan kemungkinan untuk mendapatkan kesembuhan.
Klinik Utama Cahaya Mentari merupakan Klinik Spesialis Pengobatan Kanker / Tumor (Onkologi) yang sudah terdaftar di DINKES dan disetujui oleh Departemen Kesehatan Indonesia untuk mengobati tumor dan kanker dengan mengedepankan kemampuan teknis yang mapan. Kami mempunyai Dokter Spesialis Kanker Terbaik Di Indonesia serta Tim Medis yang teruji ketat, bersertifikat, dan Berpengalaman dalam hal pengobatan kanker karena, pada hal kanker ini merupakan penyakit yang sangat serius jadi prosedur, profesional, dan teknologi kami siapkan dengan sangat sempurna demi mengedepankan keamanan serta kenyamanan dalam menjalani pengobatan dengan kami. Semoga dengan adanya klinik kanker kami insyaallah, bisa menjadi perantara bagi kesembuhan kanker payudara yang anda alami saat ini.

Komentar